Kamis, 19 Januari 2012

Perbedaan Anak-anak Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang


Sepertinya menarik nih bahas tentang ini, karena saya merasa jauh sekali perbedaan anak-anak zaman sekarang, dengan anak-anak zaman dahulu. Berikut langsung saja kita simak perbedaannya :

Gaya anak-anak zaman dahulu



Biasanya anak-anak zaman dahulu suka benar yang namanya maen kelereng, tapi kebanyakan anak laki-laki yang bermain kelereng







Ini merupakan permainan anak-anak zaman dahulu, yang sangat asyik, karena permainan ini membentuk team dan di batasi dengan garis-garis yang tak boleh keluar buat yang jaga dan buat yang team musuh apabila dapat melawati team musuh yang jaga makan dia lah pemenangnya







Tak kalah asyiknya dengan bermain selodor ini permainan team juga, ada 2 team yang di bentuk dan apabila masing-masing dari satu team dapat menyentuh benteng musuh, maka bertambalah skornya





Ini merupakan permainan yang dimana ada salah satu dari mereka yang jaga buat menemui teman-teman yang sedang sembunyi.





Ini merupakan permainan yang di dapet dari sebuah makanan snack di setiap bungkusnya.Dulu permainan ini cukup lumayan menarik, karena permainan ini dapat di mainkan dengan berbagai cara.

  • Bermain tepuk Gambar

Ini salah satu permainan yang peminatnya kebanyakan dari anak laki-laki, permainan ini biasanya dapat di mainkan dengan cara menguntal/membuang keatas atau menepuknya, yaitu gambar yang terpilih dengan lawan mainnya 1:1 atau dalam jumlah banyak, gambar terbuka maka itulah pemenangnya.


Permainan ini paling banyak peminatnya, bukan hanya anak-anak tapi orang dewasa juga suka bermain layangan, ada sedikit perbedaan permainan layang-layang dari tiap daerah yang ada, tapi kebanyakan para pemain layangan ini tujuannya untuk memutuskan benang yang ada pada musuh. Itulah yang membuat menarik dari permainan ini. Skill dan tenaga sangat mempengaruhi permainan layangan.


Sebuah permainan game yang lumayan cukup mahal pada waktu itu, kalau hanya dimainkan buat pribadi, berbentuk Box yang di lengkapi dengan tombol-tombol,tongkat bergulir dan monitor dengan alat-alat elektronik di dalamnya, ada beberapa jasa tempat yang menyediakan permainan ini dengan menukarkan koin-koin logam untuk pemain.






Gaya anak-anak zaman sekarang



Bermain internet entah di rumah ataupun di warnet yang ada. Banyak yang dapat di lakukan dari bermain internet tersebut, seperti bermain Facebook, Twiter, chatting, dll






Ini merupakan permainan yang sekarang banyak di gemari anak-anak maupun orang dewasa, suatu permainan stategi yang mana para pemain harus menembak musuhnya dengan senjata yang di pakai.






Permainan ini kebanyakan peminatnya dari kaum Hawa, karena merupakan permainan dance dengan menggunakan jaringan internet.




  • Bermain Game Flash

Banyak sekali link-link yang menyediakan game flash seperti Facebook, Friendster, dll.


Suatu hal yang biasa di lakukan oleh anak-anak ketika berada di rumahnya, baik itu menonton film kartun, film sinetron, ataupun film yang sedang populer di Indonesia yaitu film Korea.


  • Chatting

Salah satu hal yang biasa di lakukan anak-anak zaman sekarang, berchatting dengan orang-orang yang di kenalnya melalui komputer ataupun ponsel yang ada.






Kerbiasaan anak-anak zaman sekarang, mereka sudah pintar untuk berdandan seperti orang dewasa, berlipstik/lipsgloss, berbedak bukan bedak bayi, tapi bedak yang bermerek, memakai pemerah pipi, rambut di potong ala-ala artis top zamann sekarang, terkadang memakai cat rambut.



Kelebihan dan kekurangannya
  • Kelebihan Anak-anak zaman dahulu
  • Pandai berinteraksi dengan teman-teman sekelilingnya
  • Anak-anak zaman dahulu kelihatan lebih aktif
  • Berkeringat setiap hari di waktu pulang sekolah ataupun di waktu bermain dengan teman-teman sekelilingnya
  • Postur tubuh lebih besar, karena ada beberapa faktor yang di alami mereka.

Kekurangan Anak-anak zamann dahulu
  • Bisa di katakan gaptek (gagap teknologi) kalau tak mengikuti perkembangan zaman
  • Tidak pandai berdandan/bersolek
  • Untuk anak laki-laki mungkin kulitnya sedikit gelap, karena suka bermain di luar saat terik matahari
  • Saat pulang sekolah atau pulang bermain dengan teman sekitarnya pakaian pasti kotor, jadi si Ibu siap mencuci pakaian mereka tiap hari

Kelebihan anak-anak zaman sekarang
  • Mengikuti perkembangan dunia maya
  • Pandai berdandan mempercantik diri
  • Kulit tampak bersih
  • Pakaian saat pulang bermain atau sekolah tidak begitu kotor

Kekurangan anak-anak zaman sekarang
  • Kurang berinteraksi dengan teman-teman sekelilingnya
  • Kurang aktif karena mereka kebanyakan di rumah jadi mereka terlihat pendiam
  • Lemah, sedikitnya berkeringan pada mereka, sehingga mudah sekali terserang penyakit
  • Pubertas dini, karena kebanyakan nonton film-film remaja, yang mempengaruhi kesuburan fisik pada mereka


So, terlihat benar perbedaan anak-anak zaman dahulu dengan sekarang.
Mungkin itu saja yang saya dapat tuliskan dari perbedaan-perbedaan anak-anak zamann dahulu dengan zamann sekarang, ada banyak hal yang tak bisa saya tuliskan satu-persatu, karena saya tak bisa mengingat semuanya.hehehe.

Kita tidak tau bagaimana perkembangan anak-anak zamann sekarang kedepannya, yang jelas apabila tidak di perhatikan secara ketat maka akan mempengaruhi perkembangan mental mereka saat nanti. Kita juga harus membedakan mana yang baik dan mana yang buruk kepada mereka. Sesekali suruh mereka berinteraksi dengan teman-teman di sekeliling mereka, agar mereka terbiasa dengan orang lain.

1 komentar:

  1. coba koreksi lagi tulisanya,,,,,,,,,,,,,,ada yang kurang huruf n ada kelebihan huruf,,,,,,heeeeee

    BalasHapus