Sabtu, 11 Agustus 2012

Mengenal Diri Sendiri

Dalam kehidupan sehari - hari banyak hal yang telah kita lakukan, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Ada hal - hal yang tanpa kita sadari terjadi dengan sendirinya. Pendewasaan diri yang menggambarkan segala sesuatu tindakan kita sedari kecil sampai sekarang. Banyak orang mengatakan "be your self" atau jadilah diri sendiri.
Menjadi diri sendiri haruslah mengenal diri kita terlebih dahulu tentang bagaimana karakter diri, kemampuan, dan cara memanfaatkannya. dengan demikian seseorang dapat megetahui tujuan hidupnya. Kita seringkali menyalahkan keadaan atas apa yang telah terjadi pada diri kita tentang kegagalan dalam hidup baik itu masalah karier, kehidupan sosial dan keluarga.

Ada beberapa hal yang membuat diri kita tidak mengenali diri sendiri   :

Tidak jujur pada diri sendiri
Kita tidak menyadari dengan sungguh - sungguh kalau segala sesuatu yang kita kerjakan  tidak akan selalu berhasil dengan baik. Bahwa ada batasan kemampuan yang tuhan beri sesuai dengan bakat yang kita miliki. Anggapan bahwa sukses dalam satu bidang akan diikuti dengan sukses dalam segala hal.

Tidak bisa memaafkan apa yang telah terjadi dan menolaknya
Sebagai mahluk sosial kita berkomunikasi dengan orang banyak. Dari komunikasi inilah muncul hubungan dengan orang lain. Untuk mencapai tujuan hidup, banyak hal yang terjadi di dalamnya atas penilaian orang terhadap kita. Bila sesuatu yang buruk terjadi, maka sebisa mungkin kita menutupinya dan seolah - olah tidak terjadi serta tidak berlapang dada belajar untuk menerimanya. Penolakan inilah yang membuat kita menjadi individualistis.
Tidak siap menjadi diri sendiri
Banyak memang keinginan dalam hidup ini. Keinginan tersebut membuat diri kita mau menjadi orang lain dengan memaksakan diri tanpa menggunakan pemikiran yang jernih, perasaan, kemampuan dan bakat untuk sebaik - baiknya kehidupan. Menyiapkan diri untuk menjadi diri sendiri lebih baik bagi kehidupan kita mendatang daripada menguras emosi untuk mencapai keinginan yang tidak semestinya.
Tidak sanggup berubah
Berubah menjadi lebih baik itu penting. Walau sekecil apapun perubahan itu. Kita mungkin terlena ataukah terlalu menerima keadaan tanpa memperbaikinya. Bukan kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah tuhan beri pada kita tetapi apa usaha kita untuk membuat kemampuan kita menjadi bertambah. Berubah untuk rezeki yang lebih baik, ilmu yang bertambah dan hubungan sosial yang baik pula.

Sebaiknya kita perlu memandang diri kita sendiri baik - baik. Siapa kita dan untuk apa kita hidup. Mengenal diri sendiri adalah menyiapkan diri kita untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan sebaik - baiknya cara untuk mencapai tujuan hidup dan kebahagiaan yang sesungguhnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar